Rabu, 25 Januari 2012

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) DALAM KERANGKA PENGEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (Studi Penerapan SIAK di Kabupaten Tuban)
TESIS Untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Magister
Oleh DENY ARDIAN
NIM. 0820311015
PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI PUBLIK MINAT MANAJEMEN PUBLIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI M A L A N G 2010

RINGKASAN

DENY ARDIAN, Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Dalam Kerangka Pengembangan Sistem Administrasi Kependudukan (Studi Penerapan SIAK di Kabupaten Tuban).
Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) adalah suatu sistem pengumpulan, pengolahan dan penyajian data penduduk yang cepat dan akurat agar menghasilkan informasi kependudukan yang tepat guna untuk membantu pemerintahan dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) meliputi Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, diterapkan dengan menggunakan teknologi Informasi. Teknologi informasi merupakan salah satu unsur dari e-Government yang pada saat ini sangat diperlukan dalam mengoptimalkan peran Pemerintah Indonesia dalam memberikan pelayanan pelayanan serta menjamin hak-hak penduduk warga negara Indonesia. SIAK diberlakukan sebagai pengembangan dari sistem kependudukan yang lama yaitu Sistem Informasi Manajemen Kependudukan (SIMDUK). Sistem Kependudukan yang lama telah memunculkan beberapa permasalahan-permasalahan pokok terkait kependudukan yang perlu mendapat perhatian dan penanganan serius dari Pemerintah Indonesia. Disamping itu perkembangan teknologi infomasi yang sangat pesat mengharuskan adanya pengembangan sistem kependudukan berbasis Teknologi Informasi (TI). Oleh karena itu Pemerintah Indonesia serius menerapkan sistem administrasi kependudukan berbasis SIAK. Keseriusan tersebut diwujudkan dengan penerbitan peraturan perundangan sebagai landasan SIAK, pengalokasian anggaran sebesar 6,7 triliun, pengadaan infrastruktur penunjang, penyediaan dan pemberdayaan SDM pengelola SIAK demi terwujudnya tertib administrasi kependudukan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi SIAK beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada, memberi rincian yang kompleks tentang fenomena yang sulit diungkapkan oleh metode kuantitatif, memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap obyek yang diteliti. Aspek penelitian terhadap implementasi SIAK di kabupaten Tuban mengacu kepada grand design SIAK: yaitu (1) Penyediaan infrastruktur penunjang SIAK yang terdiri dari penyediaan perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), penyediaan jaringan (network) dan penyediaan Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK), (2) Pembangunan Data Base Kependudukan yang meliputi pencatatan biodata penduduk, penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK), penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP), (3) Penyediaan dan Pemberdayaan SDM Pengelola SIAK dan faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi SIAK di Kabupaten Tuban.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SIAK mengacu kepada teori pengembangan sistem informasi manajemen, teori manajemen publik, teori kependudukan, konsep e-Government serta konsep Good Governance. Penyediaan infrastruktur penunjang SIAK, Pembangunan Data Base Kependudukan telah berjalan sebagaimana ketentuan yang digariskan, akan tetapi penyediaan serta pemberdayaan SDM Pengelola SIAK tidak berjalan sebagaimana ketentuan yang ada. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi SIAK seperti Teknologi Informasi, SDM, kewenangan Pemerintah Kabupaten Tuban serta Penduduk telah menunjukkan usahanya dalam mendukung implementasi SIAK agar bisa berjalan secara optimal. Oleh karena itu, evaluasi menyeluruh terkait implementasi SIAK harus rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tuban dalam mengemban amanah Pemerintah Indonesia demi terwujudnya tertib administrasi kependudukan di Indonesia.
Kata Kunci : Implementasi, Pengembangan Sistem, Sistem Informasi, Kependudukan, SIAK.

3 komentar:

  1. ass, mhn izin bang. saya ikram purna 18 gorontalo. minta tlg bang saya sementara buat tesis yg judulnya tentang "efektivitas pelayanan e-ktp" tp data yg saya punya sedikit. klu abg punya data tentang e-ktp mhn bantuannya bang ke email saya: ikramandi@rocketmail.com atau bisa ke no hp saya di 081356560015. mhn bantuannya bang, sapa tau jg sudah ada yg pernah buat tesis atau skripsi e-ktp

    BalasHapus
    Balasan
    1. atau ke ikramandi@gmail.com

      Hapus
    2. mhn izin bang, klu bisa saya minta tesisnya abg yg judulnya "IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) DALAM KERANGKA PENGEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (Studi Penerapan SIAK di Kabupaten Tuban)". untuk dijadikan sebagai penunjang

      Hapus